Info Terbaru
Loading...
Saturday, March 22, 2014

Info Post


BAB I. PENDAHULUAN

A.    Pendahuluan
Pemanfaatan teknologi informasi yang terus mengalami kemajuan sejalan dengan peningakatan dan pola pikir manusia dengan sejalannya waktu. Berbagai cara telah dilakukan untuk mempermudah menyajikan informasi kepada masyarakat, baik secara analog maupun digital. Radio dan televisi merupakan salah satu contoh media yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi. Seiring dengan perkembangan internet, radio dan televisi bertransformasi menjadi media informasi streaming. Dengan ini pengguna dapat mengakses dan mendapatkan informasi melalui gadget atau PC.
Streaming adalah cara penyiaran langsung sebuah data multimedia dari server penyedia layanan ke PC / gadget client. Semakin cepat koneksi Internet yang kita gunakan, maka akan makin cepat dan lancar pula siaran/tayangan tersebut dapat diputar. Selain koneksi internet, kualitas server dan konstruksi web juga berpengaruh dalam kecepatan siaran.
Single Page Application (SPA) adalah istilah untuk aplikasi berbasis web, yang menggunakan satu halaman web saja sebagai tampilan dari aplikasinya. Semua aksi klik atau pun penyajian data tidak akan membuat halaman secara utuh untuk dimuat ulang (reload), tetapi hanya sebagian saja yang diupdate dari server atau dari hasil proses aplikasi di sisi klien.

B.     Judul
Web Audio Video Streaming dengan Singgle Page Application ( SAP )

C.    Perumusan masalah
Bagaimana membuat audio/video streaming yang baik, agar dapat digunakan untuk penyampaian informasi kepada masyarakat?

D.    Tujuan
-          Membuat web audio/video streaming dengan Single Page Application, agar dapat digunakan untuk penyampaian informasi dengan cepat.
-          Membuat audio/video streaming server dengan RED5.


BAB II. ISI
A. Web Audio dan Video Streaming
Dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi sekarang ini, dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu. Orang dapat dengan mudah memperoleh berbagai macam informasi yang terjadi di belahan dunia ini tanpa harus datang ke tempat tersebut, dengan memanfaatkan seperangkat komputer/gadget yang tersambung ke internet.
            Web audio dan video streaming ( TV Streaming ) merupakan salah satu wujud dari aplikasi tekhnologi informasi. Kemudahan dan kecepatan menjadi nilai plus bagi web AV streaming, sehingga cara ini cukup diminati orang dalam mengupdate informasi.
            Namun bagaimana jika kecepatan penyiaran informasi terganggu? Tentu akan sangat merugikan bagi penggunanya. Untuk itu perlu adanya cara dan antisipasi agar kecepatan penyiaran belajalan dengan lancar.
           
B. Fungsi Web AV Streaming
Ada enam fungsi web AV streaming, yaitu:
1. Menangkap suara dan gambar (Capture).
      Menerima inputan dari kemera, microphone, Mixer AV, dan lain-lain.
2. Mengolah (Processing)
      Mengolah atau memproses data masukkan yang diterima untuk menjadi informasi.  Pengolahan dan pemrosesan data dapat berupa mengkonversi (mengubah data kebentuk lain), mensintesis (penggabungan), segala bentuk data dan informasi.
3. Menghasilkan (Generating)
      Menghasilkan atau mengeluarkan output berupa suara dan gambar yang telah diproses.
4. Menyimpan (Storage)
      Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan     untuk keperluan lain. Misalnya, simpan ke hard disk, hosting, dan lain-lain.
5. Mencari Kembali (Retrival)
      Menelusuri dan mendapatkan kembali informasi yang sudah tersimpan sebelumnya di server.  Misalnya mencari informasi yang sudah disiarkan sebelumnya.
6. Streaming (Transmission)
      Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan internet.
C. Single Page Application dan AJAX

Single page application (SPA) adalah istilah untuk aplikasi berbasis web, yang menggunakan satu halaman web saja sebagai tampilan dari aplikasinya. Semua aksi klik atau pun penyajian data tidak akan membuat halaman secara utuh dimuat ulang (reload), tetapi hanya sebagian saja yang diupdate dari server atau dari hasil proses aplikasi di sisi klien.
Kunci dari aplikasi single page adalah pemrograman dengan teknik AJAX. Dengan menggunakan AJAX, maka beban server dan juga lalu lintas data menjadi lebih kecil. AJAX sendiri adalah singkatan dari Asynchonous JavaScript and XML.
AJAX merupakan kombinasi dari beberapa teknologi web, yaitu:
·         HTML (HyperText Markup Language)
·         JavaScript
·         XML (eXtensible Markup Language)
·         DHTML (Dynamic HTML)
·         DOM (Document Object Model)
Transfer data antara browser dan web server (HTTP request) terjadi secara asynchronous. Hal inilah yang memungkinkan halaman web untuk me-request sejumlah kecil data dari server tanpa harus me-reload keseluruhan halaman web.
Karena dengan teknik AJAX, hanya data yang diperlukan saja yang akan dikirimkan kepada klien dari server. Di sisi server, beban kerja juga akan menjadi lebih rendah, karena hanya sedikit data yang yang harus diberikan kepada klien. Jika sebelumnya, setiap halaman yang diminta, server akan memberikan banyak file, kini hanya data yang diperlukan saja yang akan dikirimkan.
Kita harus menggunakan framework yang bisa mendukung pengembangan aplikasi single page ini, terutama untuk menampilkan tampilan aplikasi. Kita harus menggunakan template HTML, CSS, dan JavaScript yang benar-benar baik dan tangguh.



E.     RED5 Media Server

Dengan menggunakan Red5 Media Server open source, kita dapat mengembangkan sebuah platform yang benar-benar terbuka atau opensource dan dapat dengan mudah di kembangkan yang dapat digunakan di Audio Video streaming.
Red5 mendukung streaming video/audio/data ke Flash client dan recording audio/video broadcast dari Flash client. Mendukung banyak flash client, termasuk Gnash flash client Adobe Flash Player.
Red5 Media Server 1.0 memberikan solusi video streaming dan multi-user untuk Adobe Flash Player dan banyak client teknologi lainnya. Berbasis pada Java dan berbagai framework open source yang sangat powerful, menjadikan Red5 solusi yang sangat tepat untuk audio video server.
Red5 mendukung berbagai multiuser API terkini termasuk NetConnection, NetStream dan SharedObject sambil memberikan implementasi RTMP / Servlet. Di samping dukungan pada protokol RTMP, server aplikasi sudah mempunyai embedded Tomcat Servlet untuk aplikasi JEE Web.

BAB III. KESIMPULAN

            Web audio dan video streaming ( TV Streaming ) merupakan salah satu wujud dari aplikasi tekhnologi informasi. Kemudahan dan kecepatan menjadi nilai plus bagi web AV streaming. Semakin cepat koneksi Internet yang kita gunakan, maka akan makin cepat dan lancar pula siaran/tayangan tersebut dapat diputar.
Selain koneksi internet, kualitas server dan konstruksi web juga berpengaruh dalam kecepatan siaran. Dalam hal ini kita membutuhkan server dan teknik program yang baik agar proses penyiaran berlangsung cepat dan lancar.

Single Page Application, AJAX dan RED5 Media Server merupakan aplikasi dan teknik yang tepat untuk diaplikasikan dalam web AV Streaming.

Created : Rizal Hidayatulloh, Computer Engineering - Telkom University

0 comments:

Post a Comment

Ayo diskusi disini ..

Blog Kemasaja

Pengumuman BKN

Cakrawala News

  • Bajigur Legit - Rp 18000 Bajigur minuman khas sunda yang mengandung banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk menghangatkan badan disaat terasa udara terasa dingin. Bajig...
    8 years ago
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Gapura Indonesia | Kemasaja