Info Terbaru
Loading...
Tuesday, April 22, 2014

Info Post
Pada postingan kali ini kita akan sharing tentang Konsep Dasar Robot Line Follower. Udah pada tahu kan Robot Line Follower?
Robot line follower adalah robot yang dapat bergerak mengikuti garis secara OTOMATIS contohnya dengan menggunakan white board dan garis warna hitam, maka robot ini akan berjalan mengkuti garis.
Nah yang jadi pertanyaan bagaimana robot tersebut dapat "membaca" garis hitam tersebut?
Untuk membaca garis hitam, dapat digunakan menggunakan komponen berikut :

  1. Photo Transistor
    Alat ini  merupakan hasil modifikasi dari rangkaian BJT ( Bipolar Junction Transistor ) yang terdiri dari Basis, Colector dan Emitter . Konsepnya sama dengan BJT " Dimana terdapat arus pada basis (b) maka arus dari colector ke emitter akan mengalir ".
    Contoh rangkaian Photo Transistor pada Line Follower :

             Perhatikan rangkaian sebelah kanan, Ketika LED menyala dan lintasan garis berwarna hitam, maka cahaya dari LED akan diserap oleh warna hitam, sehingga tidak ada pantulan ke Tr1 ( Photo Transistor ). sebaliknya jika LED menyala dan lintasan garis berwarna putih maka cahaya dari LED akan dipantulkan oleh warna putih ke Photo Transistor, Sehingga rangkaian akan aktif. dan selanjutnya disambungkan ke rangkaian OpAmp Comparator dan diterjemahkan ke Microprosessor.
             Pada rangkaian diatas cahaya diibaratkan sebagai basis yang berfungsi sebagai saklar penghubung antara collector dan emitter. Konsep photo transistor, dapat juga diaplikasikan pada alat keamanan lain, contohnya Pendeteksi Orang di rumah , dll. Untuk cahaya juga dapat menggunakan laser sebagai basis.
  1. 2 Photo Dioda
              Bentuknya mirip seperti LED, yang berwarna ungu bernama receiver (photo dioda) dan yang berwarna bening bernama transmitter (infrared). Untuk membuat robot berjalan mengikuti garis, maka diperlukan beberapa pasang sensor. Semakin banyak sensor yang digunakan, maka semakin baik pula cara kerja robot. Berarti robot akan bisa diprogam dengan banyak logika. Namun yang harus diingat dibalik banyaknya pasang sensor yang kita gunakan, maka pembuatan progam juga semakin sulit.
               Photo Dioda ini memanfaatkan arus bocor pada dioda, karena pada kenyataannya dioda tidak ideal pasti ada arus bocor.

Pada rangkaian diatas pemasangan photodioda dioda harus terbalik. Konsepnya sama dengan phototransistor jika ada cahaya masuk maka rangkaian akan bekerja.
Oke segitu dulu ya pemabahasannya tentang Konsep Dasar Robot Line Follower, pada postingan selanjutna kita akan bahas tentang OP Amp Comparator dan Micropocessor .
thanks.


0 comments:

Post a Comment

Ayo diskusi disini ..

Blog Kemasaja

Pengumuman BKN

Cakrawala News

  • Bajigur Legit - Rp 18000 Bajigur minuman khas sunda yang mengandung banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk menghangatkan badan disaat terasa udara terasa dingin. Bajig...
    8 years ago
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Gapura Indonesia | Kemasaja