Info Terbaru
Loading...
Saturday, January 10, 2015

Info Post

Silahkan download disini

[preview]

LAPORAN TUGAS BESAR
JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Video Live Streaming dengan Wowza Server

BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Setiap orang pasti membutuhkan informasi. Ada banyak cara yang dapat dilakukan orang untuk mendapatkan informasi, salah satu contohnya adalah melalui media komputer yang terhubung dengan jaringan. Perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat membuat informasi yang didapatkan semakin aktual dan cepat. Banyak informasi yang dapat diperoleh dan dikirimkan menggunakan jaringan komputer, antara lain berupa gambar, suara, atau gambar dan suara yang sering disebut video.
Salah satu cara dalam mengirimkan video dalam jaringan adalah menggunakan streaming atau yang lebih dikenal dengan nama video streaming. Pada saat ini video streaming banyak diterapkan pada dunia Internet. Tetapi untuk pengadaan video streaming di Internet tidak mudah. Selain membutuhkan biaya space, domain, dll, dibutuhkan pula jaringan Internet yang mempunyai bandwidth yang besar pula.
Melihat permasalahan diatas, jadi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan program, antara lain kemudahan pemasangan, penggunaan, dan kompatibilitas terhadap sistem operasi yang digunakan. Desain antar muka yang baik, interaksi antara program dengan pengguna yang real time sehingga pengguna merasa nyaman.  

1.2  Perumusan Masalah
Masalah yang dihadapi pada perancangan aplikasi ini yaitu mampu untuk mengirimkan informasi secara cepat ke banyak orang melalui media komputer yang terhubung ke jaringan.
Dari permasalah di atas maka dapat dibuat suatu rumusan masalah:
1.      Bagaimana membuat aplikasi video streaming dengan metode client-server menggunakan protokol RTP dalam suatu jaringan?


1.3  Batasan Masalah
1. Aplikasi Video Streaming ini dibuat pada jaringan lokal secara multicast ( satu server dapat diakses oleh beberapa client).
2. Protokol yang digunakan untuk mengirimkan data adalah RTMP
1.4  Tujuan
1. Menerapkan teori - teori jaringan telekomunikasi yang telah dipelajari.
2. Mengimplementasikan video streaming dengan protokol RTMP pada suatu jaringan   telekomunikasi.

1.5. Manfaat Sistem
1. Aplikasi video streaming dapat digunakan untuk kepentingan jurnalistik, yaitu menyampaikan berita ke publik secara realtime.
2. Dapat digunakan di sekolah-sekolah sebagai media pembelajaran siswa.
3. Dapat digunakan di tempat umum, contohnya terminal bus, stasiun, pelabuhan sebagai media informasi kepada calon para penumpang.

1.6 Spesifikasi Sistem
Spesifikasi minimum yang  dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi video streaming adalah sebagai berikut :
a. Hardware:
-          Prosesor : Pentium 1,66GHz.
-          RAM : 512 Mb
-          Grafik Card : 32Mb.
-          Monitor : 15” dengan resolusi 1024 X 768 32 bit.
-          Network : LAN, WLAN


b. Software yang harus ada pada komputer server
-      Browser (Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer)
       Digunakan untuk membuka wowza server dan menampilkan file html yang akan dibuat.
-      XAMPP Contol Panel
       Digunakan untuk membuat jaringan localhost pada komputer.
-      Adobe Flash Media Player
       Digunakan sebagai player video streaming.
-      Wowza Server
-      Adobe Flash Encoder
Digunakan untuk mengubah file video yang dicapture menjadi file video berformat movie flash. Karena format ini memiliki beberapa kelebihan yang salah satunya adalah ukuran file rendah tapi kualitas videonya tinggi. Sehingga tidak membebani bandwith internet.


BAB II
PERANCANGAN
2.1 Pengenalan Alat
Dalam membangun suatu sistem live video/audio streaming yang sederhana, secara umum komponen yang digunakan seperti berikut :
·         Publisher berperan sebagai encoder, untuk mengubah data-data yang ditangkap dari alat penangkap (video/audio) menjadi format file lain yang dapat diteruskan ke RTMP server yang akan mempublikasikan data-data stream. Untuk memudahkan user, biasanya data-data audio/video diubah menjadi flash video (menggunakan codec Sorenson). Pada aplikasi ini publshernya adalah Adobe Flash Media Encoder
·         RMTP server berfungsi untuk menerima stream dari Publisher, sehingga user dapat mengakses hasil stream tersebut via perangkat client (browser/media player). Sehingga client mengakses stream ke RTMP server bukan ke publisher.
·         Client merupakan sisi pengguna, yang menampilkan flash movie yang merupakan hasil stream dari RTMP server. Aplikasi client ini bisa merupakan flash video player yang disimpan di web hosting dan dibuka via browser (client hanya membutuhkan browser yang terpasang plugin flash) atau media player yang mendukung stream RTMP. Salah satu aplikasi flash video player ini yang kam gunakan adalah Adobe Flash Player.
RTMP (Real Time Messaging Protocol)  merupakan protokol internet yang digunakan untuk audio/video streaming antara flash player dan server streaming. Suatu aplikasi khusus diperlukan untuk menerima dan menyiarkan koneksi RTMP dari penyedia stream ke user. Salah satu aplikasi tersebut yang kami gunakan pada projek ini yaitu Wowza Media Server.

2.2. Instalasi dan Konfigurasi Wowza Server Pada Komputer Server
      Wowza adalah sebuah aplikasi berbayar, yang digunakan untuk membuat sebuah server streaming pada komputer. Wowza Media Streaming memiliki banyak fitur, salah satunya adalah Video Live Streaming dan Video On Demand.
     Aplikasi wowza streaming dapat di unduh di website www.wowza.com, dengan status trial 30 hari. Untuk membeli satu lisensi kita harus membayar US$ 995.
Pada tugas ini kami meginstal aplikasi wowza server di operating system Windows 8 Pro. Dengan spesifikasi komputer yang digunakan seperti berikut :
CPU          : Intel Core i3
RAM         : 2GB
WLAN      : Qualcom Atheros AR9283 1 GHz
Untuk install Wowza Media Streaming pada Windows 8 Pro, berikut adalah langkah-langkahnya :
Install file wowza_server yang telah di download dari website.





Install XAMPP dan Aktifkan Apache untuk membuat sebuah localhost.
Jalankan Program Wowza Media Server, kemudian login sesuai dengan username dan password yang telah di setting pada saat instalasi Wowza Media Server.







Buatlah sebuah project streaming, dan lakukan test player.
Isilah form “application” dan “Stream” dengan nama project yang dibuat. Setelah itu jalankan Adobe Flash Encoder, yang berfungsi untuk mengubah file video yang di capture menjadi video berformat h.264. Format h.264 dapat menghemat ruang di harddisk tanpa mengurangi kualitas gambar audio visual, selain itu format ini juga tidak terlalu membebani bandwith internet. Kemudian dan aktifkan WLAN atau LAN pada jaringan komputer.
Isi form “FMS URL” dan “Stream” dengan data konfigurasi yang telah kita setting di Wowza Media Server. Klik connect dan masukkan username serta password sesuai dengan data login pada Wowza Server. Setelah login berhasil, klik “Start”

Pada aplikasi Wowza Media Server klik “Start” untuk memastikan video telah streaming.
Apabla video telah muncul artinya video streaming telah berhasil.



2.3. Memasukkan Video Kedalam Kode HTML
Agar video dapat ditampilkan di komputer client, maka kita harus memasukkannya kedalam bentuk file berformat HTML. Berikut adalah kode script yang digunakan untuk menampilkan video streaming pada HTML :
        <script type="text/javascript">
            var swfVersionStr = "10.2.0";
            var xiSwfUrlStr = "playerProductInstall.swf";
            var flashvars = {};
            var params = {};
            params.quality = "high";
            params.bgcolor = "#000000";
            params.allowscriptaccess = "sameDomain";
            params.allowfullscreen = "true";
            var attributes = {};
            attributes.id = "Live";
            attributes.name = "Live";
            attributes.align = "middle";
            swfobject.embedSWF(
                               "Live.swf", "flashContent",
                               "655", "450",
                               swfVersionStr, xiSwfUrlStr,
                               flashvars, params, attributes);
            swfobject.createCSS("#flashContent", "display:block;text-align:left;");
            </script>


Kemudian simpan file html tersebut di path localhost di komputer server.


2.4. Konfigurasi Pada Komputer Client

Pada komputer client, pertama aktifkan localhost dan hubungkan WLAN atau LAN ke jaringan yang sama dengan KomputerServer. Setelah itu buka alamat ip server yang digunakan sebagai tempat penyimpanan file html yang telah dibuat.







BAB III
PENUTUP
3.1.      Kesimpulan
RTMP (Real Time Messaging Protocol)  merupakan protokol internet yang digunakan untuk audio/video streaming antara flash player dan server streaming. Suatu aplikasi khusus diperlukan untuk menerima dan menyiarkan koneksi RTMP dari penyedia stream ke user salah satunya adalah Wowza Media Server.
Agar video yang dikirim berukuran kecil dan tidak membebani bandwth internet, video harus diubah ke bentuk movie flash dengan bantuan aplikasi video encoder seperti Adobe Flash Encoder.
           
            3.2.      Penutup

Demikian laporan ini kami buat, untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Jaringan Telekomunikasi. Semoga ilmu yang kami peroleh dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi kami sebagai mahasiswa.

0 comments:

Post a Comment

Ayo diskusi disini ..

Blog Kemasaja

Pengumuman BKN

Cakrawala News

  • Bajigur Legit - Rp 18000 Bajigur minuman khas sunda yang mengandung banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk menghangatkan badan disaat terasa udara terasa dingin. Bajig...
    8 years ago
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Gapura Indonesia | Kemasaja